You are here
Profil Lulusan
PROFIL LULUSAN
Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Seni
- Pendidik Utama Bidang Pendidikan Seni yaitu Pendidik yang mampu memecahkan permasalahan dalam pendidikan seni dengan menciptakan karya solutif yang inovatif berdasarkan internalisasi prinsip pendidikan dan nilai karakter.
- Peneliti Utama Bidang Pendidikan Seni yaitu Peneliti yang mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam bidang pendidikan seni yang kreatif, inovatif, inspiratif, orisinal, dan teruji serta mendapat pengakuan lokal, nasional, regional dan/atau internasional berbasis kebaruan, dan kemanfaatan, dan nilai-nilai karakter etika akademik.
- Wirausahawan Bidang Seni, Budaya, dan Pendidikan yaitu Wirausahawan yang mampu berwirausaha dalam bidang seni, budaya, dan pembelajarannya dengan mengedepankan prinsip diferensiasi dan kemaslahatan, serta nilai-nilai karakter secara profesional.
- Konsultan Bidang Pendidikan Seni yaitu Konsultan yang mampu mengembangkan kebijakan bidang pendidikan seni serta mampu menciptakan program inovatif bidang pendidikan seni dengan pendekatan multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin.
- Pengelola Bidang Pendidikan Seni yaitu Pengelola yang mampu memimpin lembaga pendidikan seni baik jalur pendidikan formal, maupun non formal, baik negeri maupun swasta berbasis seni nusantara.
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan
- CPL-1 Ilmuwan pendidikan seni yang menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta menjalankan etika dan tanggung jawab sosial berdasarkan agama dan norma dalam praktik profesional di bidang pendidikan sen, mampu menggali dan merevitalisasi konsep, teori, prinsip, hukum dan paradigma pendidikan seni nusantara dan mengembangkankan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan best practice pendidikan nusantara. (1)
- CPL-2 Ilmuwan pendidikan seni yang mampu menguasai dan mengembangkan konsep keilmuan dan teknologi secara filosofi dalam perpektif inter-/multi-/trans-disipliner untuk memecahkan berbagai masalah baik teoritis maupun praktis dalam bidang pendidikan dan pembelajaran seni berbasis budaya Nusantara, serta menunjukkan kesadaran akan nilai-nilai kebhinekaan dan tanggung jawab sosial dalam membangun ekosistem pembelajaran, penelitian dan pengabdian dalam bidang Pendidikan seni. (1,2)
- CPL-3 Peneliti yang mampu menunjukkan integritas, kemandirian, dan kepemimpinan akademik dalam mengembangkan teori dan praktik pendidikan seni berbasis budaya nusantara secara orisinal, kreatif, dan inovatif, dengan menjunjung tinggi nilai etika, keilmuan, dan kemanusiaan.(1,2)
- CPL-4 Wirausahawan bidang seni, budaya, dan pendidikan yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupanbermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila yang mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran pendidikan seni yang adaptif dan kolaboratif sesuai perkembangan teknologi, seni dan kebutuhan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun global (1,3,4,5).
- CPL-5 Ilmuwan yang mampu menemukan, mengembangkan, dan mengomunikasikan teori, konsepsi, gagasan ilmiah baru dalam bidang pendidikan seni, yang orisinal, dan teruji serta memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora , dengan menghasilkan penelitian ilmiah, berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.(1,2,4,5)
- CPL-6 Ilmuwan yang mampu mengimplementasi penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan seni, teknologi seni, dan inovasi seni yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.(2)
- CPL-7 Ilmuwan yang mampu menyusun argumen dan solusi pendidikan seni, teknologi atau keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengomunikasikannya pada media massa atau langsung pada masyarakat.(4)
- CPL-8 Ilmuwan yang mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organsasi dalam bidang pendidikan seni yang berada di bawah tanggung jawabnya, serta mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar Lembaga (4,5)
- CPL-9 Ilmuwan yang mampu memimpin penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional berlandaskan budaya dan seni Nusantara, serta berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (1,2,4,5)
- CPL-10 Ilmuwan yang mampu menemukan solusi atas permasalahan pendidikan seni melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner berlandaskan kearifan budaya dan seni Nusantara, dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan Kewirausahaan(1,3,5)
Sistem Informasi
Kontak Kami
S3 Pendidikan Seni
Gedung Kuliah I (GK I) FBS UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Copyright © 2025,